Komponen Strategi 4P di dalam Pemasaran

4P di dalam pemasaran merupakan rencana yang telah ada lama di dunia marketing, tapi selamanya mampu diterapkan hingga sekarang. Sebagai salah satu rencana pemasaran dasar, penting untuk memahami bagaimana pengertian serta penerapannya. Dengan penerapan langkah 4P yang tepat, usaha Anda pun mampu lebih berkembang.

Pembahasan kali ini dapat mengulas lebih lanjut tentang rencana 4P dan bagaimana langkah penerapannya. Simak selengkapnya berikut ini, ya!

Komponen Strategi 4P di dalam Pemasaran

Konsep 4P di dalam pemasaran dikenal bersama dengan sebutan marketing mix, atau di dalam Bahasa Indonesia lebih familiar bersama dengan makna bauran pemasaran. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, rencana ini telah ada lama di dalam dunia pemasaran. Bisa dibilang, rencana 4P ini merupakan basic yang perlu dimiliki sebuah bisnis, brand, atau perusahaan.

Pada bagian ini, kita dapat mengulas apa saja komponen yang ada di dalam bauran pemasaran atau 4P. Berikut bersama dengan langkah dan hal-hal yang perlu Anda menyimak sebagai entrepreneur di dalam menerapkan langkah 4P di dalam pemasaran dengan digital agency jakarta.

1. Product

Komponen pertama adalah produk, yaitu sesuatu yang Anda tawarkan kepada obyek pasar. Produk mampu berbentuk barang, jasa, atau benefit lain yang memenuhi kebutuhan dan memberi nilai malah bagi konsumen. Bisa dibilang, product merupakan salah satu komponen utama yang perlu ada saat hendak mobilisasi sebuah bisnis.

Karena itu, pastikan Anda telah mengetahui product yang dapat dijual bersama dengan baik. Kenali fitur-fitur unggulan berasal dari barang atau jasa yang dapat Anda tawarkan kepada konsumen. Jika ingin menyebabkan produk, sebaiknya Anda memasukkan fitur yang mampu menjawab kebutuhan obyek pasar.

Anda termasuk mampu menerapkan bermacam langkah yang mampu lebih menonjolkan kelebihan produk. Misalnya mengemas product bersama dengan kemasan yang menarik, desain yang bagus, warna yang menonjol, dan lain sebagainya. Bukan saja untuk product barang, tapi termasuk product fasilitas yang ingin dijual oleh perusahaan.

2. Price

Komponen 4P di dalam pemasaran yang setelah itu adalah price atau harga. Harga selamanya menjadi perihal yang menarik saat mengulas sebuah usaha dan langkah pemasaran. Tak jarang, harga menjadi informasi pertama yang ingin diketahui kastemer saat melihat sebuah produk.

Meski begitu, bukan berarti Anda perlu selamanya beri tambahan harga yang murah untuk product yang dapat dijual. Ada kalanya justru harga product yang benar-benar murah malah menyebabkan orang curiga dan mencurigakan mutu berasal dari produk. Jadi tentukanlah harga yang sesuai dan pastinya beradu bersama dengan kompetitor yang ada di industri serupa.

Menetapkan harga sebetulnya bukan menjadi tugas yang enteng bagi seorang pebisnis. Ada perhitungan yang perlu Anda jadikan pertimbangan, seperti modal, harga bahan baku, dan beruntung yang ingin diambil. Selain itu, anggapan dapat kondisi pasar termasuk mampu turut memengaruhi proses pilih harga produk.

3. Place

Komponen setelah itu adalah place, yaitu tempat Anda dapat menjajakan product yang dapat ditawarkan pada konsumen. Konsep tempat ini banyak variasi dan mampu disesuaikan bersama dengan kondisi serta kebutuhan. Anda mampu menjajakan product di tempat yang besar seperti pusat perbelanjaan, atau mampu termasuk di toko kecil yang ada dekat rumah.

Bahkan sejalan bersama dengan perkembangan zaman, Anda tidak perlu mempunyai toko fisik untuk berjualan. Sekarang telah banyak entrepreneur yang mengandalkan toko online saja di dalam menjajakan product mereka. Ada termasuk yang hanya memakai platform fasilitas sosial untuk lakukan transaksi dan menjajakan produk-produknya.

Kemajuan teknologi ini mampu Anda memakai saat hendak berbisnis dan menjajakan produk. Anda mampu mempunyai toko fisik dan online sekaligus, kecuali sebetulnya dirasa keduanya diperlukan. Kombinasi ke-2 tipe toko berikut mampu mendongkrak usaha dan penjualan bersama dengan lebih baik lagi.

4. Promotion

Komponen paling akhir di dalam bauran pemasaran atau 4P adalah promotion, yaitu promosi produk. Jika dilihat sekilas, promosi mampu hanya diartikan sebagai penawaran yang mampu menarik kastemer sebanyak mungkin. Seperti beri tambahan harga murah, diskon, promo produk, dan semacamnya.

Namun kecuali ditelaah bersama dengan lebih luas lagi, promosi ini memerlukan langkah yang lebih mendalam. Kegiatan promosi mampu dibilang sebagai proses inti berasal dari pemasaran, yaitu bagaimana Anda mengenalkan dan memasarkan product di pasar. Bagaimana langkah pemasaran yang perlu Anda lakukan agar orang memahami keberadaan product hingga lakukan pembelian.

Seperti halnya komponen lain di dalam 4P, komponen promosi pun mampu Anda maksimalkan bersama dengan memakai kemajuan teknologi. Bagaimana caranya?

Yaitu bersama dengan menerapkan langkah digital marketing dan memakai tools yang telah banyak beredar di internet. Anda mampu memakai fasilitas sosial, iklan digital, dan bermacam tools lainnya di dalam dunia digital marketing. Dengan begitu, Anda mampu menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas saat dan wilayah.